STRATEGI JITU PEMASARAN BUKU di MASA PANDEMI ALA PENERBIT ANDY
STRATEGI JITU PEMASARAN BUKU di MASA PANDEMI ALA PENERBIT ANDY
‘STRATEGI JITU PEMASARAN BUKU di MASA PANDEMI ALA PENERBIT ANDY
PERTEMUAAN KE 19
PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI
GELOMBANG 23-24
NARA SUMBER : AGUS SUBARDANA, S.E,. M.M.
MODERATOR : RALIYANTI
PELAKSANAAN : SENIN, 28 FEBRUARI 2022
WAKTU : 19.00-21.00 WIB.
MEDIA : WAG
“INGIN SUKSES DUNIA AKHERAT DENGAN KUNCI ”
Sukses itu ketika seorang hamba dengan ikhlas mengikrarkan diri mengingat Robnya.
Sukses itu ketika seorang hamba secara sukarela menundukkan mahkotanya dan memuji kebesaraNya.
Sukses itu ketika seorang hamba bersujud serendah –rendahnya mengagungkanNya.
Hidup mengingat Allah….Allah menuntun hidup kita.
Hidup mengingat Allah….Allah memberikan yang terbaik.
Hidup menghamba pada Allah....limpahan rahmat diturunkan.
Sholat….kunci sukses dunia dan akhirat.
Malam ini adalah peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW di tahun 2022(1443 H)
Adalah undangan khusus Allah kepada nabi Muhammad dalam perjalanan menggunakan buroq di tengah malam ditemani malaikat Jibril. Perintah sholat kepada manusia adalah begitu penting bagi keselamatan hidup seorang hamba hingga Allah secara khusus mengundang nabi Muhammad berkunjung ke Arsy.NABI MUHAMMAD SAW dipertemukan dengan seniornya yaitu :
Di langit pertama dengan babul basyer Adam AS.
DI langit kedua bertemu dengan Nabi Yahya,AS.
DI langit ketiga bertemu dengan Nabi Yusuf ,AS
DI langit ke empat bertemu dengan Nabi Idris,AS
Di langit ke lima bertemu dengan Nabi Harun,AS
DI langit ke enam bertemu dengan nabi Musa,AS
DI langit ke tujuh bertemu Kakek ambiya Nabi Ibrohim,AS
Perinah sholat yang awalnya 50 rakaat setiap hari di negoisasi dengan Allah SWT ,atas masukan Musa AS, menjadi 5 rakaat. Dialah Tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang yang memerintahkan manusia untuk melaksanakan sholat 5 waktu, karena melalui sholat manusia dapat berkomunikasi langsung dengan penciptanya. Manusia butuh sholat untuk ketentraman jiwanya. Manusia butuh Allah sebagai penuntun jalan hidupnya.
Menulis adalah profesi mulia jika bermanfaat bagi manusia lainnya. Yang tentunya menjadi lading pahala jika didasari niat yang lurus. Menulis berkualitas adalah dambaan bagi para penulis. Namun bagaimana jika hasil karya buku kita tidak laku di pasaran? Apalagi di masa pandemi ini.
Malam ini begitu special bagiku karena nara sumber adalah dari penerbit Andi. Didampingi moderator yang tak asing lagi bagi kita yaitu Ibu Raliyanti yang baik hati. Banyak yang ingin aku tahu dari penerbit Andi. Beliaulah bapak AGUS SUBARDANA, S.E,. M.M. direktur marketing penerbit ANDY offset. Sejak awal tahun 1999 s.d sekarang, beliau menggeluti bidang pemasaran karena background S2 nya di Jurusan Manajemen Pemasaran. Beliau sering menjadi moderator berbagai event webinar. Malam ini beliau akan berbagi kepada kita semua mengenai strategi pemasaran buku di masa pandeemi.
Kita pasti setuju dengan paparan bapak Agust yang satu ini. Beliau mengatakan buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.
Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
Di tengah melesunya bisnis di berbagai ndustry akibat ndustry Covid-19, ndustry penerbitan buku sekala Global – Dunia justru bertumbuh. Merujuk laporan Nielsen BookScan ICM, penjualan buku di secara global / Dunia hingga akhir 2021 (YTD) mengalami pertumbuhan cukup signifikan.
Masih merujuk data tersebut, genre buku yang mengalami kenaikan adalah genre “Food & Drink” yang pertumbuhannya mencapai 33% atau menjadi 2,8 juta Euro. Selanjutnya, pada genre Fiksi tumbuh 9% (menjadi 7,1 juta Euro), genre Leisure & Lifestyle tumbuh 37% (menjadi 1,4 juta Euro), genre Personal Development tumbuh 11% (menjadi 2,2 juta Euro), dan genre Children & Young Adult Non-Fiction tumbuh 15% (menjadi 1,5 juta Euro).
Berbeda dengan situasi kenaikan signifikan penjualan buku internasional. Penjualan buku nasional malah mengalami kelesuhan drastic yaitu mencapai 50% hingga 80 % akibat pandemic Covid-19. Dari analisa pasar dan diungkapkan ketua umum Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi), seperti yang dikutip dari situs resmi www.ikapi.org, industri penerbitan nasional terdampak cukup keras dalam terpaan pandemi. Lantaran, tutupnya toko-toko buku, sekolah-sekolah, dan pengadaan buku oleh dinas/perpustakaan.
Berdasarkan hasil survei Ikapi, sebanyak 58,2% penerbit mengeluhkan penjualan yang turun lebih dari 50%. Separuh penerbit juga menyebutkan merosotnya produktivitas karyawan secara tajam dalam kondisi work from home (WFH) saat ini. Bahkan, sebanyak 60,2% penerbit menyatakan bahwa mereka hanya sanggup menggaji karyawan selama tiga bulan dan hanya 5% yang menyatakan sanggup bertahan sampai satu tahun.
Namun Penerbit ANDI Offset Yogyakarta masih bisa bertahan dan bertumbuh. Ada beberapa genre buku yang kontribusinya justru bertumbuh di masa pandemic antara lain, genre buku sekolah , buku anak, masak, self improvement, hukum, bisnis, parenting & family, dan computing & technology,
Fenomena menarik di industri penerbitan buku pada masa pendemi adalah bertumbuhnya penjualan di kanal online dan Directselling . Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokkan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).
Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah penerbit Andy akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis .
Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Saat ini penerbit ANDY dalam menjalankan bisnis penerbitan buku masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 42 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 15.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori (dapat di kunjungi ke website kami : www.andipublisher.com ).
STRATEGI PEMASARAN BUKU PENERBIT ANDY BAIK FAKTOR MAKRO MAUPUN MIKRO
. A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )
1. Pentingnya Transformasi Digital
Dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri., terutama sektor Industri Perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, Cara belajar – mengajar , kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Strateginya yang utama yang kita pakai adalah Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku .
Adapun Manfaat Digital Marketing antara lain :
Ø Biaya lebih relatif terjangkau atau murah
Ø Daya Jangkauan sangat luas
Ø Mudah menentukan target pasar buku yang akan kita tawarkan sesuai katagori
Ø Komunikasi dengan Konsumen Lebih Mudah
Ø Lebih cepat popular
Ø Sangat Membantu Meningkatkan Penjualan
Ø Mudah di evaluasi dan di kembangkan
Strategi On Line ini kurang lebih ada lima stretegi yang kami lalukan yaitu:
1. Pertama, melakukan pengelolaan secara intens terhadap buku-buku best seller-nya, yang saat ini jumlahnya mencapai 100 best seller.
2. Kedua, Kami Penerbit ANDI juga massif menggelar program Pre Order melalui toko buku online, e-Commerce, maupun reseller individu. “Tak hanya itu, kami juga menjual merchandise, e-book, hingga buat content.
3. Ketiga, Penerbit ANDI juga melakukan optimalisasi di semua lini produk, baik optimalisasi promosi, branding, hingga reseller. “Objektifnya, buku sudah bukan lagi untuk dibaca, melainkan sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat".
4. Keempat, Penerbit ANDI juga melakukan optimalisasi stock produk melalui program bundling dan online.
5. Kelima, Penerbit ANDI Offset juga mengelola Dead Stock, yakni mengelola buku-buku yang tidak terjual melalui program diskon dan melakukan books fair / pameran buku secara On Line.
2. Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
Penerbit ANDI juga terus mengadakan aktifitas pemarasan lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat link Zoom , Live ..Youtube TV. ANDI, dengan tema – tema yang menarik.
B. Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , penerbit ANDY harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
1. Strategi Pemasaran di Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.
DATA TABEL TOKO BUKU MODERN YANG MASIH AKTIF
Menempatkan marketing – marketing pada toko buku yang di tunjuk dengan tugas sebagai berikut:
1. Merapikan display yang tergolong menjadi flor display, walls display, display di rak, best seller display. Berdasarkan kategori masing-masing sesuai buku yang akan di display.
2. Chek stok
3. Menjalin hubungan baik dengan toko.
4. Skil Selling artinya kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk menjual produk, baik itu berupa barang ataupun jasa. Selling skills ini sangat menentukan apa yang akan dapat kita raih ke depannya; sukses dan tidaknya Kita dalam berbisnis secara tidak langsung juga dipengaruhi oleh bagaimana kemampuan kita dalam menjual produk yang kita miliki dengan cara melakukan aktif selling yaitu pelayanan aktif dan ramah kepada konsumen sehingga konsumen mudah memilih buku yang dibutuhan setelah mendapatkan layanan aktif selling.
5. Menganalisa toko
Menganalisa buku best seller berdasarkan jenis usia konsumen dan lingkungan konsumen.
6. Melakukan RO ( Repet order)
Yaitu mengajukan repet order untuk buku yang menpis supaya syok tetap berada di dalam toko.
Strategi Cara Mempromosikan di toko buku Modern
Ø Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
Ø Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
Ø Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
Ø Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
Ø Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.
Rencana Program Promo Tahunan:
Contoh Program Diskon di Gamedia:
Program Edisi Tahun Ajaran Mahasiswa dan Akhir Tahun
Buku Best Seller di Toko
Buku Best Seller Saat Ini
C. Strategi pemasaran buku yang terakhir yaitu Directselling
Direct selling atau penjualan langsung dapat menjadi cara yang efektif untuk membangun bisnis yang fleksibel dan berbiaya rendah. Cara ini memungkinkan kita untuk mengurangi biaya iklan, menghindari biaya overhead, dan membangun hubungan pelanggan yang tahan lama dan jangka panjang.
Produk-produk Penerbit ANDI Offset tersebut dipasarkan dan dijual langsung melalui perwakilan penjualan independen yang dikenal juga sebagai Sales Direct selling . Ini menghilangkan perantara yang terlibat dalam distribusi, seperti pedagang grosir dan pusat distribusi regional. Sebaliknya, produk dikirim langsung dari produsen ke perusahaan penjualan, lalu ke perwakilan atau distributor, dan terakhir ke konsumen.
Produk yang dijual melalui penjualan langsung biasanya tidak ditemukan di lokasi ritel tradisional. Ini berarti menemukan distributor atau perwakilan adalah satu-satunya cara untuk membelinya.
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
Ø Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
Ø Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
Ø Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka penerbit ANDY sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales)
Tugas Tenaga Penjual / sales DIRECT SELLING tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :
Ø Kunjungan langsung ke tiap sekolah PAUD-TK, SD,SMP,SMA,SMK
Ø Kunjungan langsung ke setiap Kampus / Perguruan Tinggi untuk temui Dosen, tiap Kaprodi, tiap Dekan, ke LPPM dan sampai ke para Rektor .
Ø Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.
- Syarat kerjasama penerbitan buku penerbit Andi
1. Yang pertama yaitu kerjasama secara reguler , yaitu penulis langsung mengirim pak naskah ke ANDI Offset. Seelah naskah ibu dinilai dengan nilai standar yang ditentukan maka penerbit Andi yang menentukan apakah naskah di terima atau di tolak. Jika naskah dinyatakan diterima maka akan di terbitkan tanpa biaya apapun . dan bila naskah Ibu di tolak berarti gugur.
2. Kedua yaitu kerjasama Perorangan , hal ini berdasarkan kebutuhan dari penulis dan naskah penulis akan terbitkan berdasarkan pesanan khusus dari penulis , dengan kalkulasi harga berdasarkan Jumlah halaman, jenis kertas dan warna atau hitam putih.
3. Ketiga Kerjasama antar lembaga (Penerbit dengan Institusi) yaitu kerjasama Pecintraan bersama dengan paket minimal 300 Exs untuk kebutuhan lembaga tersebut.
- Syarat untuk penerbitkan buku secara digital
Yaitu naskah di review terlebih dahulu dari pihak penerbit Andi setelah direview akan di jawab oleh tim development untuk di terima atau tidak berdasarkan standar penilaian penerbit Andi. untuk itu ikuti sesi berikutnya khusus tentang syarat-syarat bisa terbit di ANDI Offset ... yang akan dibawakan oleh pak Edi s Mulyanta.
- Kriteria buku yang tergolong best Seller
1. Buku-buku yang setiap bulannya terjual terbanyak pada sebuah toko dan di luar toko secara nasional.
2. Biasanya bergenre buku-buku novel, fiksi, anak, religi/agama, bisnis.
3. Buku sesuai moment keadaan.
- Buku yang disarankan penerbit Andi bagi guru-guru Indonesia.
1. Buku kurikulum baru tingkat SMK kejuruan.
2. Buku profil Pancasila di tiap mate pelajaran baik SD, SMP, SMA,SM.
Kriteria penulisan buku penerbit Andi silahkan tengok Blog literasikangAguswww.blogspot
Novelty nara sumber
Tantangan terbesar dalam hidup adalah mengubah Strategi menjadi kemenangan, kesedihan menjadi kesuksesan, dan kebingungan menjadi kepercayaan diri." - Richie Norton
Hidup memberikan tantangan dan setiap tantangan dilengkapi dengan pelangi dan lampu untuk menaklukkannya.
Salam literasi,dari bumi jakarta raya,tepatnya jl.menara air 6 manggarai,jakarta selatan 12850
Siip.. Lah
BalasHapusLanjutkan.. Pak
BalasHapusLawan penyakit malas, dengan memohon pertolongannya...
BalasHapus