POIN BUKU PADA KENAIKAN PANGKAT PNS
Materi Pertemuan ke : 24.
Moderator : Mr Bams
Narasumber : Bapak Imron Rosidi
Tema : POIN BUKU PADA KENAIKAN PANGKAT PNS
Pertemuan ke 24 ini saya mereferensi sahabat terbaik saya ibunda Arofiah Afifi yang menjadi magnet saya,sehingga putus sambung putus sambung di dalam mengikuti belajar menulis yang di pelopori bapak Wijaya Kusumah,M.Pd.(OM JAY)
walaupun segudang tugas menjadi walas,menjadi pembina ROHIS DI SMK dan pembina Pramuka,serta menjadi SATGAS COVID 19 di Sekolah kami bertugas lan menjadi ketua panitia pembangunan Masjid ulul Albab Di SMKN 5 Jakarta.
rasa syukur tak pernah berhenti kuucapkan sambil mengerjakan tugas tugas yang di amanahkan sampai saat ini.
Kemampuan menulis sendiri merupakan faktor yang sangat penting dalam proses menyusun sebuah buku apa pun. Tanpa kemampuan tersebut seorang guru pastinya tak akan mampu membuat buku yang baik. Berbahagialah bagi PNS yang berada di BM asuhannya Omjay, kesempatan naik pangkat terbuka lebar.
Kelas BM 23.24 kali ini akan berbicara tentang * Point' Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS. Sungguh materi yang sangat luar biasa.
Malam ini pertemuan ke 24 dengan moderator Pak Bams dan Narasumber yang membersamai kami para peserta bapak Dr Imron Rosidi Beliau saat ini sebagai kepala SMA 1 Bangil, dan bagian dari tim penilai pangkat guru pusat dari golongan IV C D E dan juga sebagai ketua tim penilai Propinsi jawa Timur. akan membahas tuntas tentang cara mendapatkan poin buku pada kenaikan pangkat PNS, Sekaligus membagikan ilmu bagaimana cara menyusun buku yang berasal dari penelitian.
Untuk kenaikan pangkat bagi PNS ada istilah Pengembanagan Kepropesian Berkelanjutan (PKB), ynag terdiri atas
- Pengembangan diri
- Buku hasil penelitaian
- Buku pelajaran
- Buku pengayaan
- Buku pedoman guru
2. Publikasi Ilmiah
Yaitu mengubah laporan penelitian dalam bentuk buku, Contoh :
- Buku pelajaran berISBN lengkap.
- Buku pengayaan contoh Modul atau diklat, buku pendidikan karya terjemahan .
- Buku pedoman guru
3. Karya Inopatif
- Buku Kumpulan Puisi
- Buku kumpulan cerpen
- Buku Novel
PENGEMBANGAN DIRI TERDIRI DARI DUA JENIS
A. Publikasi ilmah
- Presentasi di forum ilmiah
- Laporan hasi penelitian (TPK0
- Tinjauan Ilmiah
- Tulissan Ilmiah Populer
- Artikel Ilmiah
- Buku pelajaran
- Modul/diklat
- Buku dalam bidang pendidikna
- Karya terjemahan
- Buku pedoman guru
B. karya inopatif terdiri dari
- Melakukan tekhnologi tepat guna
- membuat atau memodifikasi alat pelajaran/ peraga / praktikum
- Mengikuti pengembangan penyusunnan standar, pedoman soal, dan sejenisnya pada tingkat nasional
- Menemukan atau menciptakan karya seni
Pengembangan diri bisa dilakukan melalui MGMP atau KKG, juga melalui diklat fungsional yang diadakan oleh lembaga diklat resmi perguruan tinggi dinas pendidikan dan juga lembaga profesi guru.
PKB berupa pengembangan diri itu diwajibkan untuk seluruh golongan mulai dari 3a ke 3d sampai dengan 4d ke 4e, tetapi untuk karya inopatif itu kegolongan 4a maksimmal 50 %, tapi untuk golongan 3 itu bebas.
Buku hasil penelitian adalah mengubah laporan penelitian dalam bentuk buku, buku pelajaran yang bisa di nilai adalah buku pelajaran yang berISBN lengkap seperti contoh seluruh kelas dari kelas 4 sampai kelas 6, atau dari kelas 7 sampai kelas 9, atau kalo jenjang SMA dari kelaas 10 sampai kelas 12.
Sedangkan modul atau diklat buku pendidikan dan karya terjemahan masuk dalam pengayaan, karya terjemahan nilainya satu, sedangkan buku pedoman guru nilainya 1,5, dan maksimal hanya boleh satu pedoman guru setiap kenaikan pangkat. Semua guru boleh mengajuan karya seni tidak mesti guru dibidang mata pelajaran tertentu, jadi mau guru fisika, kimai itu boleh mengajukan buku puisi, cerpen ataupun novel, dan lain sebagainya untuk syarat kenaikan pangkat.
BAGAIMANA MENGUBAH LAPORAN PENELITIAN MENJADI BUKU BER-ISBN
SISITEMATIAK PTK
BAB I PENDAHULUAN
BAB 11 KAJIAN TEORI
BAB 111 METODE PENELITIAN
BAB IV HASIL PENELITIAN
BAB V PENUTUP
SISTEMATIKA BUKU
BAB I PENDAHULUAN (DITULIS DARI BAB I DAN II)
A. Latar belakang masalah
B. Tinjauan pustaka
C. Kerangka Teori
- Teori A
- Teori B
BAB II PENDEKATAN KAJIAN (DITUKIS DARI BAB III LAP PENELITIAN)
A. Lokasi Penelitian
B. Subjek dan Informasi Penelitian
C. Pendekatan kajian
D. Tehkhnik Analisa Data
BAB III GAMBARAN UMUM SISWA KELAS II TEKNIK KONSTTRUKSI BANGUNAN SMK 7 SEAMRANG (DARI BAB IV)
A.Kondisi Sosial ekonomi siswa
B. Prestasi Akademi siswa
C. prestasi non Akademi siswa
BAB IV PENGGUNAAN CD INTERAKTIF DAN PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR AUTOCARD (DARI BAB IV)
A. Hasil Siklus 1 dan Aaanalisa
B. Hasil Siklus II dan Analisa
BAB V PENUTUP
Uraian simpulan dan saran
Kiranya resumenya pendek ,tapi minimal aku tambah semangat mengikuti belajar menulias malam ini.terima bu sekjen Ovi,dan teman teman hebat semua di group menulis PGRI tahun ini....salam literasi.
Hadi Suharno,tebet jakarta selatan 12850.
Akhirnya kutemukan magnet magnet di dalam menulis.. Terima kasih bu Ovi.... Atas segalanya.
BalasHapusTerima kasih pak Rusmana, atas sportnya tiada henti... He he.. Sehat sehat selalu guruku.. Pak
BalasHapusThank you om Jay, pak Dail, pak Brian...salam literasi di bumi indonesia.
BalasHapusMari kita jadikan indonesia kota literasi dunia.. Je he
Hehe semngat dan sukses selalu pak ustadz
BalasHapus